Festival Montase

Minggu, 10 Mei 2020 - 13:37 WIB
Diposting oleh: Administrator

Dalam rangka memperingati hari disabilitas 2019, Griya Anita menyelenggarakan festifal montase untuk 250 pelajar penyandang disabilitas.  Media Prestasi yang diwakili oleh Jovi, Shyeina dan Wildan ikut berpatisipasi dalam acara yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya Malang.

Sebenarnya acara ini sudah cukup lama namun baru berkesempatan untuk memberikan sedikit ulasan dan semoga akan memberikan manfaat bagi kita semua.

Montase yang merupakan karya seni tempel yang menggabungkan beberapa gambar dari berbagai sumber yang berbeda disusun sehingga menjadi karya seni yang baru.  Sumber yang dimaksud bisa berasal dari majalah, buku, brosur dan lain sebagainya. Dalam festival montase yang diadakan oleh Griya Anita dan Universitas Brawijaya ini, peserta sudah disediakan gambar.  Tugas mereka menggunting, menyususun dan menempel gambar pada sebuah pigora.

Sebelum acara inti seluruh peserta diberi suguhan pertunjukan seni, dan pengisi acara adalah pelajar – pelajar disabilitas. Mulai dari tari, music, perkusi, dongeng, sulap dan masih banyak lagi.  Sebuah pertunjukan yang luar biasa, bagaimanapun mereka mampu berprestasi dengan segala keterbatasan mereka. Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat memotifasi siswa Media Prestasi untuk lebih berprestasi, dengan cara belajar lebih giat pantang menyerah.

Tiba saatnya pada kegiatan inti festival montase, seluruh siswa dengan didampingi kakak – kakak mahasiswa menuju ruang festival montase. Sedangkan untuk pendamping dari sekolah dan orangtua diberi kesempatan untuk mengikuti parenting mengenai perkembangan anak-anak. Jadi baik siswa maupun orangtua mendapatkan ilmu dan pengalaman yang luar biasa.

Semua peserta diberi kesempatan untuk memilih gambar yang mereka sukai, kemudian mereka menggunting menjadi beberapa potongan gambar. Kemudian mereka menyusun dan menempel gambar dalam pigora yang sudah disediakan.  Bagi Wildan ini kegiatan yang sangat menyenangkan, Wildan memilih gambar binatang dan dia menyusun gambar – gambar tadi menjadi kebun binatang. Rupanya Wildan ketagihan setelah menyelesaikan satu karya montase, Wildan minta lagi ke kakak pendampingnya dan alhasil Wildan mampu menyelesaikan dua karya montase. “yang satu buat bu Tary ya Wil”,  “hehehe”.

Untuk Jovi, yang berat dalam festival ini adalah menggunting, ya… Jovi mengalami kendala dalam menggunting karena keterampilan motoric Jovi yang lemah, “tetap semangat mas Jovi”.  Untuk Sheyna terkendala dalam daya baying ruang sehingga ketika menyususun potongan gambar sedikit kurang pas banyak yang tidak sesuai dengan tempatnya, yang penting berani berpartisipasi ya mbak Shyeina. 

Apapun hasilnya keterlibatan mereka dalam acara ini merupakan nilai lebih bagi mereka selain banyaknya ilmu dan pengalaman yang sangat berharga yang tidak selalu mereka dapatkan disekolah. Yang pasti setelah acara mereka bahagia.  Fungsi psikologis dari kegiatan ini juga tercapai.  Mereka dapat menghasilkan sebuah karya dengan mengeluarkan semua ide dan emosi yang menciptakan rasa kepuasan dan kesenangan untuk menghibur diri serta mengurangi beban psikologis.  Dalam kegiatan ini mereka dapat mengembangkan pikiran, daya serap, emosi, estetika dan kreatifitas dalam membuatnya.  Dan merupakan kepuasan tersendiri ketika hasil karya mereka bisa dinikmati banyak orang.

Setelah menyelesaikan tugasnya mereka bermain ditaman dan melihat ikan didalam kolam,  nah.. jika begini pastinya ada yang tidak mau pulang.  Ya … Wildan si pecinta bintang betah berlama-lama di kolam ikan, bermain dengan ikan sampai lupa pulang. 

Dalam setiap kegiatan yang mereka ikuti pastinya merupakan pengalaman berharga yang tak kan terlupakan.  Belajarlah terus anak-anakku, ambil semua peluang dan kesempatan yang datang padamu.  Perjalananmu masih panjang.  Semoga kelak kesuksesan menyertai kalian. Selalu berdoa dan berusaha. Selalu rendah diri dan menjadi pencerah setiap orang. Bersyukur terus atas nikmat Yang Kuasa, karena mikmat akan engkau dapatkan jika terus bersyukur kepada-Nya.

Salam Prestasi