Kemah Gabungan MP dan Arbonero

Kamis, 14 November 2019 - 13:54 WIB
Diposting oleh: Administrator

KAMI MAMPU MEWARNAI DUNIA

 

Media Prestasi bekerjasama dengan SDN Kebonsari 2 Malang mengadakan kemah gabungan yang diselenggarakan di Pusdik Pramuka Jl. Wisnuwardhana Malang pada hari Sabtu-Minggu, 2-3 November 2019.

Dalam kegiatan kemah gabungan kali ini mengambil tema “Kami Mampu Mewarnai Dunia”  Mengapa kita mengambil tema ini, karena ada doa dan harapan besar siswa special kami akan menjadi bagian dari masyarkat dan mereka akan mampu memberikan kontribusi sesuai dengan kemampuan masing-masing anak.  Tidaklah mudah mengajak anak-anak special untuk kemah, menempatkan mereka di dalam tenda jauh dari kenyamanan kamar tidur mereka, namun semangat siswa untuk ikut kegiatan kemah mampu menghapus kekawatiran dari semua Pembina.

Siswa Media Prestasi berkumpul disekolah pukul 07.00 WIB, semua barang perbekalan dikumpulkan di halaman depan sekolah.  Hari pertama Sabtu, 2 November 2019.  Siswa menuju lokasi kemah dengan menggunakan mobil Pak Azis.  Sesampainya di lokasi siswa melakukan registrasi dan pembagian tenda. Kemudian seluruh siswa dari Media Prestasi dan Kebonsari 2  mengikuti upacara pembukaan kemah gabungan.  Yang menjadi Pembina upacara adalah bu Enggar dari SDN Kebonsari 2 dan pemimpin upacara adalah Shyeina dari Media Prestasi.  Upacara berjalan hikmat dan lancar sampai selesai. 

Acara kedua dalam kemah gabungan adalah simapur yang dipandu oleh Pembina Pramuka kak Dian.  Kak Dian baru pertama kali membina anak-anak special sehingga membutuhkan sedikit waktu untuk mempelajari karakter siswa.  Dengan modal kesabaran dari kak Dian seluruh peserta kemah gabungan dapat mengenal apa itu simapur.  Pengalaman pertama bagi siswa Media Prestasi mengenal simapur yang merupakan bagian dari kegiatan Pramuka.

Adzan Dhuhur mulai berkumandang, peserta kemah bersiap melaksanakan sholat Dhuhur berjamaah di Musolla Pusdik. Kemudian makan siang bersama dan istirahat, mengumpulkan tenaga sebelum kegiatan selanjutnya yang banyak dan tentu saja berat bagi siswa special kami.  Seluruh peserta istirahat dengan tenang di dalam tenda.

Kegiatan inti kemah gabungan adalah melatih disiplin, komunikasi, interaksi dalam sebuah komunitas baru yang lebih besar, tata cara pergaulan di dalam masyarakat, identitas diri dan temannya serta melatih kemandirian.  Semua aspek yang akan mereka pelajari dikemas dalam bentuk permainan kepramukaan. Peserta dibagi menjadi 5 kelompok.  Kegiatan inti kepramukaan adalah penjelajahan, dalam penjelajahan dibagi menjadi 3 pos. pos pertama siswa dikenalkan dengan sandi morse, siswa belajar berkomunikasi selain komunikasi verbal seperti mengucapkan salam, menyampaikan pesan dan komunikasi non verbal dengan menggunakan simbol-simbol morse. Tiap kelompok mendapat tugas untuk membaca sandi morse yang merupakan kata kunci untuk bisa melanjutkan perjalanan ke pos kedua. Sandi morse yang sudah dibaca disampaikan kepada penjaga pos pertama untuk selanjutnya mendapatkan tiket menuju pos kedua. Ketika sudah mendapatkan tiket kedua peserta mengucapkan terima kasih kepada penjaga pos. Perjalanan dilanjutkan menuju ke pos kedua.  Di pos kedua peserta memberi salam kepada penjaga pos kedua, petugas pos memberi tugas kepada peserta untuk memperkenalkan diri, anggota yang lain mendengarkan temannya memperkenalkan diri, selanjutkan peserta kedua memperkenalkan dirinya terlebih dahulu kemudian memperkenalkan temannya yang pertama tadi, disini peserta dilatih agar bisa menjadi pendengar yang baik, dilatih menyampaikan pesan atau informasi dan mampu memperkenalkan identitas dirinya. Meskipun terlihat sepele namun masih banyak yang kesulitan di pos kedua ini. Kemudia petugas memberi tugas kedua untuk membuat yel-yel kelompok. Tiap kelompok berdiskusi untuk membuat yel-yel bersama, kemudian ditampilkan dihadapan petugas pos 2.  Setelah berhasil di tantangan kedua peserta mendapatkan tiket untuk melanjutkan ke tantangan berikutnya di pos ketiga. Setelah mendapatkan tiket peserta mengucapkan terima kasih kepada petugas pos kedua.  Perjalanan dilanjutkan ke pos ketiga. Disini  peserta mendapatkan materi dasar kepramukaan.  Seperti pada pos-pos sebelumnya semua peserta wajib mengucapkan salam dan terima kasih kepada petugas pos.  Perjalanan dilanjutkan menuju pos terakhir yaitu pos haral lintang, disini mereka diuji keberanian, ketangkasan dan kerjasama tim.  Banyak peserta yang tidak berani di pos terakhir ini, ada yang menangis histeris ketika harus berjalan di jarring laba-laba, dan akhirnya gagal sampai ke tujuan. Ada juga yang sampai mengompol karena takut berjalan diatas jarring laba-laba.  Namun secara keseluruhan semua peserta menikmati keseruan di pos haral lintang.

Semua pos telah dilalui dan peserta bergiliran bersih diri, kemudian melaksanakan sholat Ashar berjama’ah.  Peserta diberi kesempatan untuk beristirahat sambil menunggu waktu Maghrib. Adzan Maghrib berkumandang seluruh peserta dengan tertib menuju musolla untuk menjalankan ibadah sholat Maghrib berjama’ah.  Setelah sholat semua berkumpul untuk makan malam bersama, sampai waktu sholat Isya’. 

Setelah sholat Isya berjama’ah semua peserta berkumpul kembali untuk kegiatan api unggun.  Sebelum api dinyalakan, dilakukan upacara terlebih dahulu.  Ketika api menyala setiap peserta diberi kesempatan untuk menampilkan kreatifitasnya seperti menyanyi, menari, bermain wayang dll.

Hari kedua Minggu, 3 November 2019.

Kegiatan dimulai pada pukul 04.00 WIB, seluruh peserta menjalankan ibadah sholat Subuh secara berjama’ah di musalla dan dilanjutkan dengan senam pagi yang dipandu oleh pak Dimas.  Ada salah satu siswa Media Prestasi yang mogok tidak mengikuti kegiatan pagi karena malam harinya ketika mendapatkan kunjungan dari keluarga sempat ingin pulang dan tidak mau mengikuti kegiatan kemah. setelah dilakukan negosiasi antara siswa, orangtua dan guru akhirnya bersedia mengikuti kemah sampai selesai. 

Pada pukul 06.30 WIB peserta sarapan bersama. Setelah itu mereka berinteraksi dengan kakak-kakak pramuka dari berbagai sekolah di kota Malang.  Bermain bersama dan mereka diberi wawasan tentang kegiatan pramuka.  Semua peserta membaur dengan kakak-kakak pramuka.

Kegiatan selanjutnya adalah mlipir diarea Velodrom sambil berbagi kue ke pengunjung pasar Minggu Velodrom.  Mereka dilatih untuk beinteraksi dengan pengunjung dan bagaimana memberi dengan sopan.  Peserta berbaris dengan rapi dan tetap berada dalam satu kelompok karena tempat yang sangat ramai dikawatirkan akan hilang dintara pengunjung yang lain.  Alhamdulillah mereka mampu menjaga keselamatan diri mereka sendiri, tidak ada yang lepas dari kelompok dan mereka bisa saling menjaga antara satu peserta dengan peserta yang lain.

Kegiatan kemah gabungan ditutup dengan upacara penutupan yang dipimpin oleh pak Azis kepala Sekolah Media Prestasi Malang. Kemudian evaluasi kegiatan yang dipandu oleh bu Devi.  Seberapa besar yang diserap oleh seluruh peserta kemah.  sebelum pulang seluruh peserta saling meminta maaf dan berterima kasih.  Dengan harapan dilain  kesempatan dapat melakukan kegiatan bersama dengan lebih baik lagi.

Banyak cerita dalam kegiatan kemah bersama, yang akan menjadi pengalaman berharga bagi setiap peserta.  Hidup berdampingan selama satu hari penuh membutuhkan kerja keras untuk menyesuaikan diri satu dengan yang lain.  Selain menyesuaikan diri dengan teman mereka juga harus bisa beradaptasi dengan lingkungan.  Tidur didalam tenda dengan sesekali diguyur hujan, tidaklah mudah bagi anak-anak special yang baru pertama kali ikut kemah.  Berinteraksi dengan sekolah lain, komunitas lain juga bukan hal yang mudah karena harus banyak belajar karakter dan kebiasan dari komunitas lain.  Mereka harus siap diterima dan siap ditolak oleh komunitas yang baru mereka kenal.  Belajar mengendalikan diri agar tidak saling bersinggungan, belajar saling menghargai setiap perbedaan yang ada.  Pengalaman ini tidak bisa didapatkan apabila tidak mengikuti kegiatan ini, dan akan sangat rugi jika tidak ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.  Semoga apa yang telah mereka pelajari, pengalaman-pengalaman yang mereka dapat bisa bemanfaat bagi diri sendiri dan keluarga.

Terima kasih

Salam Prestasi