Saweran Karikatur Anti Korupsi

Kamis, 14 November 2019 - 13:50 WIB
Diposting oleh: Administrator

ANTI KORUPSI

DALAM SAWERAN KARIKATUR

BALAI KOTA MALANG

 

Pada tanggal 31 Oktober sampai tanggal 2 November di Balai Kota Malang diadakan pemeran karikatur anti korupsi.  Yang merupakan sarana pendidikan anti korupsi.  Pameran kali ini mempunyai konsep saweran karikatur yang diikuti 31 seniman karikatur se-Indonesia, seniman – seniman ini menyerahkan hasil karya mereka untuk dipamerkan di Balai Kota Malang. Selain pameran karikatur, ada juga diskusi anti korupsi, pendidikan anti korupsi buat pelajar, dan pertunjukan seni lainnya yang menolak praktik korupsi di Indonesia.

Pameran dibuka pada tanggal 31 Oktober 2019 pada pukul 13.00 oleh Walikota Malang bapak Sutiaji, pada acara pembukaan banyak pejabat dari berbagai Dinas Kota Malang yang datang, petinggi-petinggi KPK dari Pusat Jakarta juga datang dan tidak ketinggalan seniman Indonesia.  Menurut salah satu dari pihak MCW ( Malang Coruption Wacth ),  dengan mengajak seniman - seniman Indonesia karena  mereka mempunyai pendekatan yang lebih luwes dan  halus, bisa tepat sasaran dalam menyentil pelaku – pelaku korupsi.  Dalam kegiatan kali ini juga melibatkan Dinas Pendidikan karena melibatkan pelajar Kota Malang dalam memberikan pendidikan anti korupsi.  Diharapkan dengan pembelajaran kali ini bisa membentuk karakter pelajar anti korupsi yang jujur dan amanah.

Siswa Media Prestasi mengambil bagian dalam kegiatan ini, seluruh siswa melihat pameran pada hari pertama pameran dibuka. Setelah sholat dhuhur siswa berjalan menuju terminal Madyopuro untuk mencari angkot MM menuju Balkot Malang.  Siswa turun di Tawira ( taman rekreasi rakyat Kota Malang ) yang berada dibelakang Balai Kota.  Acara dibuka pukul 13.00, sambil menunggu siswa bermain ditaman sambil melihat unggas yang ada di taman. Tepat pukul 13.00 siswa berjalan menuju halaman depan Balai Kota Malang tempat diselenggarakannya pameran karikatur. Siswa berkeliling melihat hasil karya seniman se-Indonesia, banyak wartawan cetak maupun elektronik yang meliput kegiatan pameran, dan siswa Media Prestasi menjadi pengunjung pertama dan masuk dalam pemberitaan media, salah satunya terdapat di pembertiaan Antara News, Malang Post dan Madu TV.  Salah satu siswa Media Prestasi yaitu Shyeina diwawancarai salah satu wartawan, namun proses wawancara tidak berjalan dengan baik karena siswa Media Prestasi belum dipersiapkan untuk kegiatan wawancara, siswa Media Prestasi masih takut-takut, ragu, canggung dan malu ketika berhadapan dengan orang asing, orang yang baru mereka kenal.  Dengan banyak mengikuti acara serupa diharapkan dapat dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa selain itu dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Tidak hanya melihat pameran karikatur saja namun siswa juga belajar bagaimana sikap dan perbuatan yang mengarah kepada tindakan korupsi. Kelak ketika mereka terjun kemasyarakat mereka dapat berhati-hati dalam bersikap dan berbuat agar tidak merugikan orang lain, tidak mengambil hak orang lain.  Meskipun tidak banyak yang mereka pahami setidaknya  dengan melihat gambar-gambar karikatur dapat membantu mereka dalam memahami apa itu korupsi dan bagaimana mereka menjauhi perbuatan korupsi.  Tindakan yang mengarah ke korupsi itu banyak sekali, seperti ketika berjualan, barang yang diberikan bukan barang yang berkualitas baik seperti yang dipamerkan pedagang.  Tindakan mengarah ke tindakan korupsi juga bisa juga dengan memberikan uang yang jelek bahkan rusak sedangkan yang bagus disimpan sendiri. Mengurangi timbangan juga dapat digolongkan ke tindakan mengarah korupsi dan masih banyak lagi contoh tindakan-tindakan merugikan orang lain yang mengarah pada tindakan korupsi.  Siswa Media Prestasi diharapkan dapat belajar untuk tidak merugikan orang lain.

Setelah berkeliling melihat pameran karikatur anti korupsi, seluruh siswa diajak berkeliling Balai Kota Malang, melihat dari dekat bagaimana tempat kerja orang nomor satu di Kota Malang. Ketika berjalan di Pendopo Balai Kota siswa bertemu dengan seniman – seniman yang ikut serta dalam pameran, tidak hanya bertemu dan melihat saja namun mereka juga berkenalan dan mengobrol sedikit dengan seniman Kota Malang.  Kedepannya diharapkan akan ada kolaborasi antara seniman Kota Malang dan siswa Media Prestasi Malang, InsyaAllah.

Setelah berkeliling siswa Media Prestasi  beristirahat sejenak sambil makan dan minum bekal yang dibelikan mama Wildan.  Setelah melepas lelah selesai berjalan-jalan siswa Media Prestasi berpamitan untuk kembali kesekolah.  Sebelum pulang siswa Media Prestasi mendapat undangan  mengikuti sosialisasi anti korupsi di lingkungan pendidikan, dimana siswa SD, SMP kota Malang akan mendapatkan pendidikan anti korupsi di Balai Kota Malang pada hari Jumat, 1 November 2019.

Keesokan harinya pada hari Jumat tanggal 1 November 2019 perwakilan siswa Media Prestasi akan mengikuti kegiatan pembelajaran anti korupsi di pendopo Balai Kota Malang. Siswa yang mewakili Jovi dan Shyeina, sedangkan Iqbal yang direncanakan untuk ikut serta tidak bisa hadir karena ada keperluan keluarga.  Pelajar Malang mendapatkan edukasi seputar anti korupsi.  Diselah-selah edukasi diselingi sesi Tanya jawab, Alhamdulillah Jovi dari Media Prestasi bisa menjawab pertanyaan dan mendapatkan hadiah dari panitia.  Bukan salah atau benar, bukan hadiah yang menjadi tujuan namun keberanian dan percaya diri menjawab sebuah pertanyaan di depan umum dalam lingkup interaksi yang lebih luas daripada lingkungan sekolah dan keluarga menjadi prestasi tersendiri buat siswa Media Prestasi. Dimana selama proses pembelajaran disekolah yang menekankan pada kemampuan berkomunikasi dan interaksi sosial setidaknya membuahkan hasil meskipun masih harus banyak belajar lagi untuk bisa masuk dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas tanpa pendampingan guru maupun orangtua.  Sukses untuk siswa Media Prestasi yang sedikit demi sedikit mampu bermasyarakat.

Banyak pelajaran yang didapat dari kegiatan ini, selain mendapatkan pengetahuan tentang budaya anti korupsi dan bagaimana kita hidup bermasyarakat, berdampingan tanpa merugikan satu sama yang lain, tanpa mengambil hak orang lain, jujur dan amanah.  Meunjukkan kualitas pribadi, terus berprestasi dimana saja.  Bermanfaat bagi sesama tanpa memanfaatkan orang lain untuk kepentingan pribadi atau golongan.

Salam Prestasi