Pentas Seni HUT TNI di Museum Brawijaya

Kamis, 17 Oktober 2019 - 11:15 WIB
Diposting oleh: Administrator

Dalam rangka mempeingati Hari Jadi / HUT TNI ke 74, Musium Brawijaya menjadi tempat pentas seni dan festival kuliner kota Malang.  Acara pentas seni dan festival kuliner diselenggarakan selama dua hari, pada tanggal 4-5 Oktober 2019.  Dalam kegiatan tersebut, Homeschooling Media Prestasi Malang mendapatkan kesempatan untuk ikut berpartisipati sebagai pengisi acara pentas seni. Siswa Media Prestasi menampilkan permainan angklung yang menjadi program unggulan di Homeschooling Media Prestasi Malang. Bermain angklung merupakan kegiatan yang harus diikuti oleh seluruh siswa karena menjadi salah satu media pembelajaran interaksi sosial, terapi konsentrasi bagi anak-anak yang mengalami hambatan dalam konsentrasi.  

Siswa Homeschooling Media Prestasi Malang mempersiapkan diri, berlatih angklung secara intens setiap hari selama dua minggu.  Mereka berlatih tiga buah lagu yang akan ditampilkan diacara pentas seni dan festival kuliner Malang. Selama latihan terjadi bongkar pasang formasi untuk mendapatkan alunan music yang pas sesuai dengan kemampuan siswa.  Tidak semua siswa tertarik dan mampu memainkan permainan angklung, sehingga formasi nada juga menyesuaikan kondisi siswa.

Siswa Homeschooling Media Prestasi mendapatkan jadwal pentas pada hari Jumat, 4 Oktober 2019.  Acara dibuka pada pukul 09.30 WIB, oleh bapak Wakil Walikota Malang, bapak Ir. H. Sofian Edi Jarwoko.  Setelah memberi sambutan kepada tamu undangan dan peserta pentas seni dan festival kuliner, bapak wawali berinteraksi dengan pengunjung Musium Brawijaya. 

Siswa Media Prestasi menjadi penampil ketiga di acara pentas seni dan festival kuliner Malang.  Pentas seni dimulai dengan penampilan tari tradisional, dilanjutkan dengan tari kreasi dari siswa inklusi SDN Kebonsari 2 Malang, selanjutnya penampilan angklung dari Homeschooling Media Prestasi Malang.  Lagu pertama yang ditampilkan adalah Padamu Negeri, selanjutnya lagu Garuda Pancasila dan yang terakhir lagu Gundul-Gundul Pacul.  Seluruh siswa bermain dengan tertib diatas panggung yang besar.  Ada beberapa siswa yang masih kurang focus namun secara keseluruhan penampilan mereka cukup bagus dan dapat dinikmati oleh seluruh penonton.  Setelah penampilan angklung Homeschooling Media Prestasi Malang, acara pentas seni istirahat karena akan dilaksanakan ibadah ssholat Jumat di Masjid INKA Musium Brawijaya Malang.

Siswa Homeschooling Media Prestasi Malang tidak mengikuti acara sampai selesai, setelah tampil seluruh siswa diperkenankan untuk pulang.  Pentas seni kali ini merupakan aksi panggung siswa didepan masyarakat luas yang ke-5.  Kegiatan seperti ini diharapkan dapat menambah kemampuan bermain angklung, menambah pengalaman tampil didepan orang banyak, dan meningkatkan kemampuan dalam konsentrasi.  Penampilan mereka dari waktu ke waktu terdapat peningkatan baik dari teknik bermain dan kesiapan mereka tampil di depan umum.